Hasil Sosialisasi SNMPTN UI Bikin Geger, Berikut Rangkumannya




Berikut ini adalah hasil rangkuman sosialisasi SNMPTN 2016 yang  disampaikan oleh panitia dari Universitas Indonesia yang menjadi perbincangan sangat ramai di kalangan siswa kelas 12. Yuk langsung simak aja!

1.                  Siswa yang lolos UI jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) wajib diambil. Pasalnya, kedua jalur ini merupakan sama-sama jalur penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya berdasarkan pencapaian prestasi akademis oleh siswa selama menempuh pendidikan di sekolahnya (SMA/SMK/MA). Bedanya, PPKB diberikan hanya untuk Sekolah yang memperoleh undangan dari Universitas Indonesia untuk dapat mengikuti seleksi ini.
2.                  Fakultas Kedokteran adalah salah satu pilihan favorit siswa. Menempatkan pilihan pendidikan dokter di pilihan jurusan kedua (bukan urutan kampusnya yang kedua) maka secara otomatis gagal, tidak diproses lanjut.
3.                  Ada pembobotan untuk setiap 6 mata pelajaran di sekolah yang di Ujian Nasionalkan. Pembobotan dilakukan di setiap semester 3,4, dan 5. Makin meningkat nilainya maka pembobotannya pun makin bagus,
4.                  UI tidak memandang nilai dari hasil Ujian Nasional (UN), beberapa kasus terjadi hasilnya ternyata dari kecurangan. Tentunya UI tidak mau mendapatkan mahasiswa yang lulus dari hasil ketidakjujuran.
5.                  UI tidak memperiotaskan siswa daerah yang satu provinsi dengan kampus UI.
6.                  UI terbuka untuk seluruh siswa terbaik se Indonesia untuk ikut serta berkompetisi masuk UI.
7.                  UI sangat memperhatikan kualitas suatu sekolah dan alumninya. Sekolah dan alumni makin bagus maka peluang lulus pun makin besar.
8.                  UI tidak berkenan dijadikan pilihan kedua dalam SNMPTN. Kalau ada siswa yang memilih UI diurutan ke dua maka tidak akan diperhatikan. Kenapa? Beberapa kasus dari tahun-tahun sebelumnya bahwa siswa yang lulus UI dipilihan kedua ternyata tahun berikutnya seringkali mengikuti tes SBMPTN  kembali.
9.                  UI memperkenankan ada lintas jurusan untuk IPA mengambil jurusan IPS, tapi tidak berlaku sebaliknya. Namun demikian, siswa IPS akan diperiotaskan lebih utama ketika nilainya lebih unggul dari nilai siswa IPA.
10.              Sedangkan untuk jalur tes seperti SBMPTN dan SIMAK UI, siswa IPS sangat dibolehkan mengambil jurusan IPA
11.              Siswa jurusan bahasa hanya diperkenankan mengambil jurusan yang paralel yaitu ilmu bahasa di jalur SNMPTN. Namun untuk jalur ujian tulis mereka diperbolehkan mengambil jurusan apa saja
12.              Sertifikat juara tidak diperhitungkan dalam sistem penilaian, akan tetapi tetap akan diperhatikan dengan sebaik-baiknya.

Dari penjelasan di atas pasti ada yang senang, ada pula ada yang sedih. Apapun perasaan kamu setelah mendapat info ini, positif thinking aja guys. Pemilik UI itu bukan sekedar Menteri tapi Sang Pencipta. Mintalah langsung kepadaNya tapi tentunya diiringi dengan usaha dan kerja keras ya.

Demikian rangkuman sosialisasi masuk UI melalui jalur SNMPTN yang terangkum dari berbagai sumber dari hasil kegiatan seperti career day, UDO, sharing langsung dengan panitia pelaksana dan peserta serta terutama face to face langsung dengan panitia SNMPTN  UI 2016. Semoga bermanfaat....
Hasil Sosialisasi SNMPTN UI Bikin Geger, Berikut Rangkumannya Hasil Sosialisasi SNMPTN UI Bikin Geger, Berikut Rangkumannya Reviewed by Unknown on 9:35 PM Rating: 5

No comments :

Silahkan koment dan berbagi info yang bermanfaat