WOW! SNMPTN 2016 Kembali ke “Orde Lama” Data Yang ditampilkan Ini Sangat Mengagetkan

Ada yang mengejutkan dalam pengumuman SNMPTN 2016. Hajatan musiman ini cukup mengagetkan banyak orang terutama siswa/siswi calon mahasiswa tahun 2016. Betapa tidak, setelah 3 tahun lamanya (2013-2015) kuota pendaftar calon mahasiswa baru selalu dibolehkan untuk semua siswa kelas 12 di setiap sekolah (100%), kini jumlah pendaftarnya dibatasi. Pembatasan itu pun disesuaikan dengan akreditasi masing-masing sekolah.
SNMPTN 2016 bisa dikatakan kembali ke “Orde Lama” tahun 2012, hanya beda tipis terutama masalah kuota. Berikut data yang membedakan antara SNMPTN 2012 dengan SNMPTN 2016:
SNMPTN 2012
  1. Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
  2. Akreditasi B    : 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
  3. Akreditasi C    : 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
  4. Lainnya:   5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
SNMPTN 2016
1.        akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
2.        akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
3.        akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
4.        akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
Melihat data diatas tentu berdampak buruk bagi sekolah yang baru atau yang mendapatkan akreditasi dibawah grade A. Tapi kalau dilihat dari sisi positif hal ini memotivasi para kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya lebih baik lagi. Data ini pun secara tidak langsung memberikan informasi kepada siswa bahwa kalau mau dapat jatah banyak masuk kuliah jalur SNMPTN adalah dengan  masuk sekolah favorit dengan akreditasi A. So, siswa kelas 9 yang akan melanjutkan ke jenjang SLTA (SMK, MAN, SMA) harus paham akan hal ini.
Sebenarnya pengurangan kuota SNMPTN 2016 sudah bisa diprediki mengingat tahun 2015 Kemenristek selaku kementerian yang menaungi Perguruan Tinggi di Indonesia menerima laporan bahwa beberapa tahun terakhir ini hasil dari perekrutan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN mendapatkan hasil yang buruk. Data yang memperlihatkan hasil yang buruk itu salah satunya nilai IPK yang jelek.
Faktor IPK jelek pun disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor ini didominasi ketika kesalahan siswa dalam memilih jurusan. Misalnya, mereka lulus SNMPTN di jurusan pilihan kedua yang notabene jurusan cadangan. Hal ini mempengaruhi dalam penurunan semangat kuliah. Penurunan semangat kuliah pun berefek pada belajarnya, singkat cerita nilai nya pun bisa dipastikan anjlok. Efek ini dapat terjadi juga pada pilihan jurusan yang tidak sesuai dengan kemampuannya.

Maka dari itu ketika memilih jurusan jangan asal-asalan. Kenali minat dan potensi diri sehingga jurusan yang dipilih sesuai dengan kemauan dan kemampuannya. Perbanyak informasi tentang jurusan dan kampus yang ditargetkan sehingga tidak salah dalam pilihan. Diskusikan dengan orang yang berkompeten untuk membimbing menuju pintu PTN, bisa dengan guru BK, guru Bimbel, mahasiswa, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat
WOW! SNMPTN 2016 Kembali ke “Orde Lama” Data Yang ditampilkan Ini Sangat Mengagetkan WOW! SNMPTN 2016  Kembali ke “Orde Lama” Data Yang ditampilkan Ini Sangat Mengagetkan Reviewed by Unknown on 2:48 AM Rating: 5

No comments :

Silahkan koment dan berbagi info yang bermanfaat