Ternyata Begini Hubungan Antara Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja

Dari sekian banyak pertanyaan yang terkait masalah kuliah, pertanyaan tentang prospek kerja merupakan salah satu pertanyaan yang sering muncul. Betapa tidak, masuk kuliah itu susah, tentunya kalau sudah lulus berbuah manis dengan mendapatkan pekerjaan. Tidak sekedar pekerjaan tapi pekerjaan yang nyaman dan penghasilan aman. Pada akhirnya banyak siswa yang mikir tentang pilihan jurusannya, ada prospek tidak y? Nah, dalam hal ini kita harus pahami beberapa hal berikut:

1.         Jurusan ada karena kebutuhan
Dibukanya suatu jurusan di suatu lembaga pendidikan didasari atas kebutuhan tenaga kerja yang memiliki keilmuan atau keterampilan. Namun masalahnya wadah yang menampung keilmuan atau keterampilan mereka tidak sebanding dengan jumlah peminatnya. Sederhananya, dunia pekerjaan sebagai wadah menampung para sarjana misalnya tidak seimbang dengan jumlah lulusan yang ada. Lowongan kerja sedikit, pencari kerja banyak. Alhasil, banyak orang jadi “sarjana (pengangguran banyak acara)”.

2.         Kuliah “Bukan untuk Mendapatkan Pekerjaan”
Mas bro, mbak sis, terlalu rendah kalau kuliah ujungnya hanya untuk mencari pekerjaan. Sebenarnya tidak ada kampus yang bertujuan agar lulusannya untuk bekerja. Kenapa? Karena tujuan kampus lebih mulia yaitu mencetak manusia agar memiliki keperibadian yang baik sehingga bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi semua orang. Hal itu tertuang dalam UU Sistem Pendidikan kita. Terus kalau gitu kuliah tidak penting dunk? Sangat penting, cuma kalau hanya ngejar ijazah yang digunakan untuk kerja terlalu sempit karena banyak orang yang bisa bekerja tanpa menggunakan ijazahnya atau pekerjaannya tidak sesuai dengan background pendidikan. Dan banyak diantara mereka yang sukses. So, kuliah adalah pembentukan keperibadian, pekerjaan hanyalah efeknya. Serius aja dengan kuliah di jurusannya, kalau kamu kompeten maka pekerjaan bisa datang dengan sendirinya.

3.         Pilihlah jurusan sesuai dengan minat dan bakat
Dalam dunia pekerjaan tidak sedikit orang mengeluh masalah pekerjaannya diantaranya bisa karena tidak suka pekerjaannya atau tidak sesuai dengan kemampuannya. Nah untuk ini cek jurusan kuliahnya apakah sesuai dengan minat dan bakat. Kalau jurusannya sesuai dengan minat (kemampuan) dan bakat (kemampuan) maka pekerjaan yang didapatkan pun biasanya tidak jauh beda. Maka dari itu kenali keperibadian masing-masing, jangan seperti kisah Si Ular ini:

Dua ekor ular sedang menelusuri sawah mencari mangsa. Tiba- tiba ular pertama bertanya, "Kita ini jenis ular yang berbisa nggak sih?"
"Entahlah, aku tak tahu. Emangnya kenapa?"
"Barusan aku tak sengaja menggigit bibirku ...."

Dia tidak sadar bahwa dirinya berbisa.. Semoga bermanfaat J
Ternyata Begini Hubungan Antara Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Ternyata Begini Hubungan Antara Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Reviewed by Unknown on 4:42 PM Rating: 5

No comments :

Silahkan koment dan berbagi info yang bermanfaat